Sunday, January 21, 2018

Songkok Ikhwan Sentul Bogor

Songkok atau Peci adalah penutup kepala yang digunakan oleh kaum pria ketika beribadah atau ketika menghadiri acara-acara resmi. Budaya memakai penutup kepala ini telah dilakukan oleh Rasulullah, Sahabat serta orang-orang soleh di zaman dahulu kala. Di Indonesia sendiri kita sering melihat foto Pemimpin Negara yang menggunakan Peci sebagai penutup kepala. Pada beberapa daerah di Indonesia, penutup kepala yang digunakan adalah Blangkon di Jawa, Totopong di Sunda, Destar di Sumatra Barat, dan lain lain.

Bagaimana hukum menggunakan penutup kepala di dalam Islam? Hukum menggunakan penutup kepala ketika sedang melaksanakan ibadah shalat adalah sunat dan amat disayangkan jika tidak dilakukan karena itu adalah ibadah sunat yang cukup mudah. Selain melakukan ibadah sunat, menggunakan songkok memberikan kesan lebih berwibawa kepada pria yang memakainya.

Songkok Ikhwan membawa semangat ingin mengajak kaum pria menjalankan segala ibadah semaksimal mungkin termasuk dalam ibadah sholat dengan menggunakan penutup kepala yang rapi dan bagus dilihat. Kalau dengan manusia kita bisa berpakaian rapi dengan berbagai aksesoris, apalagi jika kita ingin berhadapan dengan Tuhan. Jika akan berhadapan dengan raja atau orang penting lainnya kita bisa menggunakan baju dan aksesoris terbaik kita, maka sebaiknya kita juga dapat menggunakan baju dan penutup kepala yang terbaik ketika menghadap Tuhan Sang Pencipta. Dengan semangat ini, Songkok Ikhwan berkomitmen untuk membuat songkok terbaik yang dapat digunakan ketika shalat, yang juga dapat digunakan untuk acara-acara resmi lainnya.


Beberapa contoh Songkok Ikhwan yang dipasarkan

Songkok atau peci yang dibuat oleh  Songkok Ikhwan ini sangat berbeda dengan songkok lain karena membawa beberapa inovasi baru antara lain:
  • Peci atau songkok tidak harus berwarna hitam. Songkok bisa dibuat beraneka motif tekstur dan warna dan dapat disesuaikan dengan baju yang dikenakan. 
  • Studi banding bentuk songkok ikhwan tidak hanya merujuk pada bentuk peci yang terdapat di Indonesia, tapi juga di daerah lain seperti Turki. 
  • Songkok memiliki ukuran tertentu yang disesuaikan dengan bentuk wajah sehingga penampilan pemakai terlihat lebih baik dan berwibawa 
  • Songkok ikhwan juga membawa unsur lokal wilayah Indonesia dengan memanfaatkan kain songket dan kain asli tenun Indonesia lainnya sebagai bahan baku utama.
  • Songkok ikhwan sangat khas. Satu kain tenun dapat menghasilkan beberapa buah songkok saja dan mungkin songkok tipe ini tak dapat diproduksi kembali karena produksi bahan baku kain tenun yang terus berubah.

Aneka Songkok Ikhwan yang terdapat di Ikhwan Gallery Sentul City

Proses pembuatan songkok dimulai dari mendesain songkok dengan berbagai unsur estetika seperti membuat studi perbandingan tinggi songkok dan wajah manusia, membuat ornamen yang serasi pada songkok, membuat pola songkok yang disesuaikan dengan ukuran kepala, sampai kepada pemilihan bahan khusus yang dipadu padankan dengan bahan lainnya. Pembuatan songkok ada yang menggunakan bordir mesin dengan desain khusus, ada juga beberapa bagian yang diselesaikan dengan tangan untuk mendapatkan hasil songkok yang terbaik.

Beberapa foto di tempat produksi Songkok Ikhwan di Sentul , Bogor



Penampakan luar Songkok Ikhwan Sentul

Sebagian dari hasil produksi songkok yang akan dibungkus kembali

Mesin bordir untuk membuat bordiran songkok
Beberapa waktu yang lalu Songkok Ikhwan pernah bermaksud memberikan hadiah peci kepada Bapak Presiden Jokowi yang sedang berjalan-jalan ke Mall di Palembang. Tapi ternyata Bapak Presiden Jokowi tidak mau menerima hadiah dan membayar peci yang diberikan kepadanya. Peci yang dipilih oleh Bapak Presiden Jokowi adalah peci dengan desain dari Turki yang berwarna hitam dengan ornamen bordir. Semoga dengan peristiwa ini semakin banyak orang yang menghargai buatan Indonesia dan semakin banyak orang yang ingin menyempurnakan berbagai ibadah dan amalannya, salah satunya dengan melakukan ibadah sunat menggunakan peci ketika sholat dan beraktivitas.


Songkok Ikhwan dapat diperoleh di :

  • Jl Terusan Hanglekir II  Kav W No 37 Simprug Jakarta Selatan
  • Jl MH Thamrin Plaza Niaga II E-9 Sentul City Bogor
Iklan Komersial Songkok Ikhwan


No comments:

Post a Comment